RENCANA STRATEGI

Dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Enrekang ditetapkan Rencana Strategi sebagai pedoman bagi aparat BPMPD khususnya dan pihak terkait lainnya dalam rangka pencapaian tujuan organisasi sesuai Visi dan Misi yang sudah ditetapkan.

     1. VISI
Penetapan Visi bagi suatu instansi dimaksudkan untuk memberikan arah bagi suatu instansi termasuk anggotanya mengenai tujuan masa depan yang ingin dicapai sehingga keberadaannya tetap eksis, antisipatif dan inovatif. Berdasarkan tugas pokok dan fungsi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Enrekang serta mengacu pada Renstra Kabupaten Enrekang, maka Visi ke depan adalah :

“Terkemuka dalam Mendorong Keberdayaan Masyarakat dan

Otonomi Desa Berbasis Kearifan Lokal Menuju Agropolitan”

Makna  dan penjelasan dari rumusan visi tersebut diatas adalah :

- Terkemuka dimaksudkan sebagai posisi yang ingin dicapai Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kab. Enrekang dalam mendorong keberdayaan masyarakat dan otonomi desa di Kab. Enrekang. Posisi terkemuka ini tidak hanya terkait dengan eksistensi BPM & Pemdes Kab. Enrekang, makna terkemuka juga terkait dengan pencapaian keberdayaan masyarakat dan otonomi desa berbasis kearifan lokal.

Keberdayaan dimaksudkan sebagai kondisi dimana masyarakat memiliki kemampuan dan kelembagaan untuk berprakarsa dan berswadaya dalam memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah pada tingkat lokalitasnya.

- Otonomi desa adalah kondisi dimana masyarakat pada tingkat desa dan kelurahan mempunyai ikatan kebersamaan sebagai sebuah komunitas yang memiliki wahana untuk mengambil keputusan bersama, saling belajar dan bertukar informasi, serta membangun jaringan untuk berinterkoneksi satu sama lain.

- Berbasis pada Kearifan Lokal dimaksudkan bahwa keberdayaan dan otonomi desa diwujudkan melalui artikulasi nilai, norma, pengetahuan lokal masyarakat secara bersinergi dengan modernitas yang datang dari interkoneksitasnya dengan tatanan lain.

- Agropolitan dimaksudkan sebagai kebijakan dalam peningkatan pertanian yang mampu menjawab masalah dan tetap mempertahankan pertumbuhan dengan membuka kemungkinan golongan miskin untuk berpartisipasi dalam proses pertumbuhan itu sendiri.

    2. MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan seperangkat misi, yaitu

a.    Pengembangan otonomi desa

b.    Penguatan kapasitas kelembagaan masyarakat

c.    Peningkatan teknostruktur komunitas

e.    Menyelenggarakan dan mengembangkan Pelatihan  bidang pemberdayaan masyarakat

f.     Membangun sinergitas program pemberdayaan masyarakat dengan desa

Untuk mendukung tercapainya Visi yang sudah ditetapkan dijabarkan ke dalam Misi, Tujuan dan Sasaran yang ingin dicapai.

Dengan adanya pernyataan Misi diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal instansi pemerintah dan mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh di masa mendatang.

Ada 5 (Lima) Misi yang di emban oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Enrekang yaitu :

1. Penguatan;
Pengembangan ketangguhan dan kemandirian masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, melalui penguatan kelembagaan masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang didukung oleh manajemen pembangunan partisipatif yang efektif, serta pelaksanaan Evaluasi perkembangannya yang akurat.

2. Peningkatan;
Pemantapan kondisi sosial budaya yang kondusif dalam proses pembangunan, melalui motivasi pendayagunaan potensi adat istiadat, tradisi dan nilai-nilai sosial budaya masyarakat, penumbuhkembangan partisipasi, keswadayaan dan kepedulian sosial dalammkehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, pemberdayaan keluarga, peningkatan pendidikan, perlindungan, serta pengembangan potensi anak dan remaja.

3. Pengetahuan;
Penguatan usaha ekonomi keluarga dan masyarakat, sehingga basis perekonomian, melalui pemberdayaan usaha ekonomi keluarga dan masyarakat, penyediaan dan pengembangan sarana dan prasarana perekonomian masyarakat, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam mengelola usaha masyarakat secara berkelanjutan.

4. Peningkatan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan, merehabilitasi, dan mengkonservasi sumber daya alam secara berkesinambungan utamanya penanggulan, penanganan dan pemanfaatan lahan kritis dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

5. Pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menciptakan, pengembangan inovasi melalui pemanfaatan teknologi perdesaan dalam pengelolaan sumber daya alam dansumber daya bantuan dalam rangka memningkatkan kesejahteraan melalui pemasyarakatan spesifikasi teknologi tepat guna sesuai dengan potensi daerah dan kebutuhan masyarakat. Peningkatan kemampuan aparatur pemerintah daerah dalam pemasyarakatan dan pendayagunaan teknologi tepat guna, perlu didukung kerjasama dan kolaborasi anatara pemerintah dan perguruan tinggi, dunia usaha dan lembaga swadaya masyarakat dalam penyediaan prasarana pelayanan teknologi tepat guna, serta peningkatan kapasitas manajemen kelembagaan.

Untuk mendukung tercapainya Visi dan Misi dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah berupa tujuan dan sasaran.

Misi bertujuan untuk Mengembangkan Kemampuan dan kemandirian Masyarakat untuk Berperan Aktif dalam Pembangunan Agar secara Bertahap mampu Membangun Diri dan Lingkungan secara Mandiri melalui:

Untuk mendukung tercapainya Visi dan Misi dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah berupa tujuan dan sasaran.
Misi bertujuan untuk Mengembangkan Kemampuan dan kemandirian Masyarakat untuk Berperan Aktif dalam Pembangunan Agar secara Bertahap mampu Membangun Diri dan Lingkungan secara Mandiri melalui:

1. Membangun kawasan perdesaan melalui peningkatan keberdayaan masyarakat dikawasan perdesaan dan meningkatkan kapasitas pemerintahan ditingkat lokal dalam mengelola pembangunan diperdesaan sesuai dengan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik dengan sasaran :
a. Penataan dan penguatan institusi dan kelembagaan masyarakat desa;
b. Peningkatan peran kelembagaan pemerintahan desa/kelurahan dalam pengelolaan pembangunan perdesaan dengan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik;
c. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknis bagi aparat pemerintah Desa;
d. Pemberdayaan Masyarakat melalui program PNPM Mandiri Perdesaan.

2. Untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong menuju penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong baik berupa fikiran, tenaga dan financial dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasilnya dengan sasaran-sasaran :
a. Pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat;
b. Pelaksanaan lomba Desa/kelurahan;

3. Menunjang penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan yang akuntabel dan profesional berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku dengan sasaran :
a. Pendidikan dan Pelatihan bagi Sekretaris Desa yang terangkat menjadi PNS;
b. Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan ADD;
c. Pemilihan Kepala Desa;

4. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam ekonomi produktif, meningkatkan status pendidikan perempuan, meningkatkan status kesehatan perempuan, meningkatkan partisipasi perempuan dalam mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan meningkatkan peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat dengan sasaran :
a. Lomba P2W-KSS

5. Meningkatkan peran aktif masyarakat perdesaan dalam pengelolaan sumber daya alam, pelestarian lingkungan pengelolaan sarana dan prasarana skala kecil sesuai kebutuhan masyarakat, agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab untuk kepentingan masyarakat sendiri serta pemasyarakatan dan pendayagunaan TTG sesuai kebutuhan masyarakat dalam mengelola potensi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan
a. Gelar TTG tingkat nasional;
b. Lomba Desa Mandiri Energi tingkat Propinsi;

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: